Sabtu, 12 Mei 2012

Seni Macrame

Tidak sedikit orang yang sulit membedakan antara macrame dan rajut. Terlebih yang belum pernah merajut, dan belum pernah bermacrame :)) Jadi, saya rasa memang perlu ditulis secara lanjut deh di blog ini. Padahal dilihat dari fisiknya pun keduanya berbeda loh. Apalagi kalau ngomongin cara membuatnya, rajut menggunakan jarum (mmm aduh, apa namanya y?) sedangkan macrame hanya menggunakan jari-jari ajaibmu saja, ikat mengikat tali dan simpul menyimpul benang. (am i pramuka wanna be?)


Macrame adalah teknik tekstil  kuno yang digunakan dengan membuat simpul (ikatan). Dengan hanya menguasai beberapa simpul saja, kita bisa mengkreasikannya menjadi  macam-macam bentuk simpul dekoratif. Salah satu simpul macrame pernah saya bahas di sini.


contoh simpul macrame

Sama seperti lukisan yg terbuat dari ribuan titik, macrame juga terbuat dari banyaaak simpul

Seni ini telah ada sejak abad ke-13, namun perhiasan macrame baru menjadi populer di tahun 60-an dan 70 dengan adanya orang-orang yang membuat gelang persahabatan. 

Dan di tahun 2000-an ini, lewat indecraft-saya mengkreasikan seni macrame lebih lanjut untuk membuat desain yang lebih unik dan modern. :D
Jadi, apakah sekarang sudah bisa sedikit terbantu dengan penjelasannya? semoga :))


Indah Asriyani
indahasriyani@gmail.com
@indecraft

"when a knot become an art"

5 komentar:

  1. btw... udah ntn dark shadow blm? gw langsung inget indecraft pas liat 1 adegan.

    BalasHapus
  2. request video tutorial mbak, hehe....
    di youtube br nemu yg simple2, butuh yg lbih njlimet... (walah...)

    BalasHapus
  3. pingin belajar dunk.... ^_^

    BalasHapus
  4. waktu sekolah saya suka bikin gelang n kalung dari tali, waktu itu saya gak tau itu namanya macrame... hehehe... waktu itu sy cuma ngikutin sperti yg biasa dipake sbg tali peluit n sy kombinasi dg mote2... waktu itu inget banget sy jual gelangnya 500/pc... jd pgn belajar lagi nih...hehe

    BalasHapus
  5. hihi iyaaaa jaman SD sama SMP. tapi dulu aku ga bisaaaa hihi

    BalasHapus